Pelatih Malaysia Tak Mau Masuk Jebakan Timnas Indonesia

  • Share

Jakarta, jurnalredaksi–Jelang pertemuan Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2021, pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe menilai Timnas Indonesia saat ini bisa membahayakan setelah dilatih Shin Tae Yong.
Cheng Hoe menyatakan bakal mewaspadai gaya main tim Merah Putih yang mengaplikasikan kecepatan. Mantan asisten pelatih Malaysia U-23 saat menjadi juara SEA Games 2011 itu pun tak mau masuk perangkap permainan Evan Dimas dan kawan-kawan.

“Tae Yong membawa generasi baru kali ini, lebih muda dan lebih energik. Kita dapat melihat mereka sekarang bermain dengan kecepatan,” terang Cheng Hoe.

banner 336x280

“Saya berharap kami tak jatuh ke jebakan mereka. Mereka juga memiliki persiapan yang bagus,” sambungnya dikutip dari Bernama.

Cheng Hoe punya pengalaman membekuk Indonesia dalam dua pertemuan terakhir dua negara tetangga, yakni di laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada pertemuan pertama, 5 September 2019, Cheng Hoe dan anak asuhnya menang 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sementara dalam perjumpaan kedua, 19 November 2019, Malaysia menang 2-0 atas Timnas Indonesia di Stadion Bukit Jalil.

Namun di dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu Timnas Indonesia belum dilatih Shin Tae Yong.

Hampir serupa dengan Shin yang mengandalkan pemain-pemain belia, Cheng Hoe juga membawa beberapa pemain-pemain yang tergolong bintang muda seperti Safawi Rasid dan Akhyar Rasyid.

Namun Malaysia tidak menjalankan persiapan dalam bentuk pemusatan latihan seperti yang dilakukan Timnas Indonesia di Turki lantaran klub-klub harus menjalani laga Piala Malaysia.

Selain itu persiapan Malaysia juga diperburuk dengan pemain-pemain yang cedera dan tak bisa bergabung. Setelah tampil di Piala AFF 2021, Malaysia juga harus kehilangan beberapa pemain karena Covid-19 dan cedera.

Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang melawan Malaysia untuk memastikan langkah ke semifinal Piala AFF 2021.

(CA/AA)

  • Share