Keberadaan AMN Manado Wujud Nyata BIN Dukung Peningkatan Kualitas SDM

  • Share

Keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Manado merupakan sebuah wujud nyata dari langkah Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia dalam rangka mendukung penuh terjadinya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda bangsa Indonesia.
SDM merupakan kunci sukses dalam menuju kemajuan bangsa. Untuk bisa mewujudkan peningkatan kualitas SDM tentunya terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan, dalam hal ini, Pemerintah melalui BIN terus membuktikan dukungan penuhnya serta kepeduliannya pada nasib para generasi muda penerus bangsa.
Maka dari itu, Badan Intelijen Negara menginisiasi dan merealisasikan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Manado dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia dari para pemuda, khususnya melalui sektor pendidikan.
Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan sendiri merupakan sarana untuk mengembangkan kualitas para anak bangsa, yang mana nantinya juga berkorelasi secara positif dengan peningkatan kehidupan yang terbaik untuk mereka dan daerahnya.
Karena itu, sudah jelas sangat penting mendukung penuh sektor pendidikan bisa berlangsung dengan baik, yakni melalui penyediaan berbagai fasilitas secara memadai, salah satunya yakni dengan membangun sebuah hunian yang sangat nyaman serta berbasis pada pengembangan karakter anak muda bangsa.
Menyadari betapa pentingnya pendidikan dan berupaya untuk terus meningkatkan sektor tersebut demi kebaikan kualitas sumber daya manusia di kalangan pemuda, BIN melakukan pembangunan AMN Manado, yang terletak di Jalan Mako Brimob Desa Kalasey Dua Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.
Kualitas SDM Muda Terbentuk Melalui Pembangunan Pendidikan Persatuan dan Kesatuan NKRI
Wakil Ketua Kelompok Kerja (Wakapokja) AMN Manado Badan Intelijen Negara, Idham Malik mengungkapkan bahwa inisiasi pembangunan gedung Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu menjadi yang kedua kalinya oleh BIN.

Sebelumnya, diketahui bahwa lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu telah sukses dalam membangun dan meresmikan AMN di Surabaya. Tentunya bukan hanya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di kalangan pemuda melalui sektor pendidikan saja, namun gedung tersebut bertujuan untuk semakin mempersatukan para mahasiswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia.
Tujuan dari penyatuan para mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh pelosok Nusantara itu yakni agar mereka semua bisa saling menghargai keberadaan budaya masing-masing yang saling berbeda, kemudian supaya mereka bisa saling menjaga kerukunan, kekompakan, terus memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Untuk pengelolaannya, demi semakin membantu peningkatan pada sektor pendidikan, BIN juga menggandeng beberapa kementerian serta lembaga terkait seperti Ditjen Dikti Kemendikbudristek, yang mana kemudian akan diserahkan pada Perguruan Tinggi setempat untuk pengelolaannya.
AMN Manado Wadah Persiapkan SDM Muda Berkualitas Berkarakter Kebangsaan
Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Essy Asiah menyampaikan bahwa tujuan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu adalah sebagai wadah untuk mempersatukan para mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai suku bangsa, berbagai bahasa budaya, agama yang saling berbeda dari berbagai macam daerah di Tanah Air.
Tidak hanya mempersatukan para pemuda yang memiliki latar belakang saling berbeda, namun AMN Manado juga dalam rangka untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) muda yang berkualitas, memiliki integritas dan berkarakter kebangsaan yang kuat.
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengapresiasi sangat tinggi semua pihak yang berkontribusi dalam merealisasikan proyek pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado, termasuk BIN. Adanya dukungan dari berbagai pihak jelas menjadi sebuah pondasi yang kokoh untuk kesuksesan pembangunan tersebut, yang mana adanya AMN Manado bukan hanya sekedar bangunan fisik saja, namun juga sebagai simbol komitmen kuat akan pembangunan dan peningkatan kualitas SDM muda di Indonesia.
Melalui AMN itu, BIN berupaya untuk menciptakan lingkungan yang sangat kondusif bagi para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk bisa belajar, berkreasi dan berkolaborasi.

banner 336x280

Sementara itu, Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Pendidikan, Inovasi dan Pembangunan Daerah Terluar, Billy Mambrasar mengatakan bahwa AMN merupakan salah satu strategi Pemerintah dan BIN dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Tanah Air.
Dengan berbagai macam program yang nantinya akan diberikan kepada para pemuda dalam Asrama Mahasiswa Nusantara itu, mereka akan mendapatkan pendidikan untuk persiapan para generasi muda penerus bangsa dalam pendidikan tinggi agar semakin siap dan saling mengenal satu sama lain untuk ke depannya bisa saling berkolaborasi dan bersinergi dalam membangun bangsa ini.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang terus berfokus pada pendidikan dan pengembangan SDM muda, sehingga menginstruksikan Badan Intelijen Negara dalam pembangunan AMN Manado. Keseriusan Kepala Negara itu bisa dilihat dari alokasi APBN terbesarnya yakni pada sektor pendidikan, yakni 20 persen atau Rp 630 triliun.
Adanya AMN Manado merupakan sebuah wujud nyata dari BIN dalam mendukung penuh terciptanya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di kalangan pemuda. Oleh sebab itu, diperlukan partisipasi masyarakat dan dukungan penuh generasi muda agar program tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan.

  • Share