AMN Manado Wadah Terbaik Bangun Karakter Pemuda Nusantara

  • Share

Membangun karakter bagi pemuda Nusantara semakin mudah dengan adanya pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado yang menjadi wadah terbaik bagi mereka agar bisa unggul sebagai sumber daya manusia (SDM).

AMN Manado merupakan salah satu upaya pemerintah agar generasi penerus bangsa memiliki kualitas pendidikan yang baik, melalui Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) selaku inisiator pembangunan AMN tersebut bertujuan untuk mempersatukan seluruh mahasiswa Nusantara.

banner 336x280

Sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), BIN menginisiasi pembangunan AMN tersebut di Manado sebagai pusat pendidikan yang dilengkapi dengan berbagai program serta pelatihan agar generasi muda tersebut menjadi pemuda unggul bertaraf internasional.

Untuk membangun karakter pemuda Nusantara memang harus berakar dari nilai luhur bangsa, berintegritas, berjiwa nasionalis, dan menjadi pribadi yang tangguh seperti yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Indonesia yakni, pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir.

Bukan hanya mempersatukan para mahasiswa saja, Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) juga menjadi wadah terbaik mereka untuk membangun karakter pemuda Nusantara menjadi baik kedepannya. Dengan adanya wadah tersebut diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan berbagai minat dan bakat terpendamnya. Selain itu juga, berbagai macam potensi yang dimiliki masing-masing mahasiswa dapat diasah lebih dalam lagi.

Wadah terbaik yang sudah disiapkan tersebut, diharapkan agar pemuda khususnya mahasiswa memang sebaiknya mengambil kesempatan untuk menyalurkan kompetensi yang dimilikinya, karena memang sangat disayangkan apabila kesempatan baik tersebut dilewatkan. Padahal, jika masing-masing potensi dari mereka tersalurkan dengan optimal juga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul.

Terlebih lagi, cita-cita Indonesia kedepannya menuju Indonesia Emas 2045 membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) dengan kualitas terbaik. Maka, sudah saatnya AMN Manado tersebut dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mencetak generasi penerus bangsa agar bisa berhasil.

Olly Dondokambey selaku Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak-pihak yang turut berkontribusi dalam proyek pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara yang bertepat di Manado itu. Termasuk insiatornya yakni BIN yang juga sebelumnya sukses meresmikan AMN di Surabaya di bawah kepemimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan.

Selain pihak-pihak yang menjadi sebuah pondasi kesuksesan tersebut, peran mahasiswa yang turut menyalurkan potensinya disana menjadi salah satu kekuatan yang nantinya akan membangun Negara Kesatuan Rakyat Indonesia (NKRI) menuju gerbang kecemerlangan. Pasalnya, bangunan tersebut menjadi salah satu komitmen dalam mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air.

Tak tanggung-tanggung, strategi Pemerintah dan BIN kali ini untuk menaikkan kualitas sumber daya manusia itu memberikan fasilitas terbaik disertai dengan kelengkapan yang memadai. Ir. Nurdiana Habibie selaku Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara (BPPW Sulut) mengatakan bahwa ruang lingkup pembangunan AMN Manado terdiri dari pekerjaan tower asrama putra, asrama putri, gedung pertemuan, ruang serbaguna, lapangan olahraga, ruang ibadah, taman, akses jalan, hingga area parkir.

Demi mewujudkan pemuda yang berintegritas dan memiliki karakter kebangsaan yang sangat kuat, AMN Manado tidak pandang bulu siapapun bisa ada disana. Direktur Prasarana Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Essy Asiah menjelaskan bahwa memang tujuan AMN sendiri menjadi wadah untuk mempersatukan pemuda khususnya mahasiswa dari berbagai latar belakang yang berbeda, berbagai suku bangsa, bahasa, budaya, dan agama yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan demikian, mereka nantinya memiliki karakter kebangsaan yang kuat dengan menghargai budaya masing-masing dalam lingkup NKRI sehingga, menumbuhkan rasa cinta Tanah Air yang kuat. Di sisi lain, dengan adanya AMN yang dibangun di beberapa daerah dapat mengantisipasi adanya gesekan antarpemuda, sehingga dengan kehadiran AMN Manado tersebut mereka dapat bersatu-padu di rumah bersama dengan rasa toleransi yang tinggi.

Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan mengatakan bahwa AMN nantinya akan menjadi salah satu pusat lahirnya calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang dengan daya saing tinggi, mempunyai semangat bela negara, rasa kebangsaan kuat dalam bingkai NKRI, hingga setia pada Pancasila dan Konstitursi UUD 1945.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan pesan penting untuk menjaga kebersamaan NKRI. Melalui Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) agar saling mengenal, saling mengetahui adat dan budaya masing-masing, dan menjadi rukun serta kompak. Dalam artian bahwa keberagaman tersebut menjadi sumber kekuatan, bukan kelemahan yang mudah diadu domba.

Maka dari itu, pihak yang turut mendukung proyek Asrama Mahasiswa (AMN) Manado berharap agar dapat mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, melahirkan bibit unggul dan menjadi tonggak keberhasilan khususnya di wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Melalui pendidikan sebagai kunci utama kemajuan bangsa, AMN Manado hadir mengatasi tantangan di masa depan untuk membangun karakter dan transfer knowledge.

  • Share