Partisipasi Masyarakat Modal Utama Sukseskan Pilkada 2024

  • Share

Pilkada 2024 sudah di depan mata, dan kesuksesan acara demokrasi ini sangat bergantung pada partisipasi aktif seluruh masyarakat. Tak hanya pemerintah dan penyelenggara pemilu, masyarakat juga memegang peran kunci.

Tanpa keterlibatan yang maksimal dari masyarakat, harapan untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas bisa terancam. Maka dari itu, kita sukseskan Pilkada 2024 dengan cara aktif memberikan suara dan ikut serta dalam proses pemilihan yang jujur dan adil.

banner 336x280

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas, Ahmad Baihaq, menegaskan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh masyarakat. Dia mengajak semua untuk mengambil peran dalam Pilkada dengan memberikan hak suara. Baihaq percaya bahwa Pilkada serentak tahun 2024 akan menjadi penentu arah kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Kapuas. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan turut berperan aktif dalam pengawalan dan pelaksanaan Pilkada ini sehingga bisa berjalan sukses.

Baihaq menyatakan bahwa masa depan kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Kapuas bergantung pada hasil Pilkada nanti. Mengingat pentingnya Pilkada ini, dia mengajak semua pihak untuk bekerja sama dan berperan aktif dalam menyukseskannya. Ia berharap masyarakat bisa memahami betapa krusialnya peran mereka dalam menentukan masa depan daerah melalui pemilihan yang demokratis.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas telah memulai proses pendataan untuk hak pilih pada Pilkada 2024. Pendataan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua warga yang berhak memilih terdaftar dengan benar.

Dalam proses ini, KPU mensinkronkan data pemilih dengan data Pemilu 2024 yang dilakukan pada bulan Maret lalu. Tentunya, akan ada penyesuaian data karena beberapa pemilih mungkin sudah meninggal dunia atau ada pemilih baru yang memenuhi syarat.

Anggota KPU Bangka Belitung, Deni, mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Serentak membutuhkan partisipasi proaktif dari masyarakat. Hal ini dikatakannya dalam dialog interaktif bersama KPU Babel di RRI PRO 1 Sungailiat.

Dia menekankan bahwa Pilkada adalah momentum bagi kita semua untuk berpartisipasi, bukan hanya bagi KPU dan Bawaslu, tetapi juga masyarakat luas. Deni mengimbau warga yang belum terdaftar sebagai pemilih untuk segera melapor ke KPU atau ke kantor desa dan kelurahan setempat.

Saat ini, KPU sedang melaksanakan tahap pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh petugas Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih). Deni mengimbau warga agar terbuka menerima petugas Pantarlih yang akan mendatangi rumah calon pemilih.

Partisipasi masyarakat dalam memberikan data yang diperlukan akan sangat menentukan kesuksesan penyelenggaraan Pilkada nanti. Kelancaran proses coklit ini menjadi salah satu kunci utama agar Pilkada dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dukungan dan harapan masyarakat juga sangat penting dalam menyukseskan Pilkada. Danang, warga Kelurahan Bukit Betung, menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar. Dia berharap KPU dan Bawaslu, serta petugas penyelenggara di bawahnya, dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan masyarakat. Dukungan penuh dari masyarakat sangat diperlukan, termasuk dalam membantu kelancaran tugas pencoklitan.

Saat menghadiri kegiatan Kelurahan Pengawasan Partisipatif pada Pilkada Serentak 2024 dengan tema “Pilkada Jujur, Rakyat Makmur”, Staf Ahli Wali Kota Metro Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, AC Yuliawati mengatakan untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis, jujur dan berintegritas bukan hanya bertumpu pada penyelenggara saja, namun juga seluruh pihak baik dari partai politik, peserta, kelompok masyarakat serta pemilih.

Dia juga menekankan bahwa peran kita bersama tidak hanya dalam memberikan hak suara, tetapi juga dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama Pilkada berlangsung. Yuliawati menekankan pentingnya peran pemilih pemula dalam menciptakan situasi yang kondusif.

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Hamid Badrul Munir, menjelaskan bahwa proses tahapan Pilkada 2024, khususnya di Kota Metro, sejauh ini berjalan tanpa kendala. Dia mengingatkan masyarakat bahwa Pilkada adalah penentu arah masa depan daerah. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk tidak apatis terhadap politik dan berperan aktif dalam proses Pilkada.

Kesuksesan Pilkada 2024 sangat bergantung pada partisipasi aktif masyarakat. Dari proses pendataan pemilih hingga hari pemilihan, setiap tahap membutuhkan keterlibatan yang maksimal dari semua pihak.

Ajakan ini bukan hanya seruan dari pemerintah atau penyelenggara pemilu, tetapi sebuah harapan bersama untuk masa depan yang lebih baik. Mari kita semua berperan aktif dalam Pilkada 2024, gunakan hak pilih dengan bijak, dan ikut serta dalam mengawal proses pemilihan yang jujur dan adil.

)* Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

  • Share