Ukraina Tangkap 200 Tentara Rusia

  • Share

Jakarta, jurnalredaksi– Militer Ukraina mengklaim telah menangkap sekitar 200 tentara Rusia dengan persenjataan buruk dan mengizinkan mereka menelepon orang tua.

Hal tersebut disampaikan pejabat pertahanan di Kedutaan Ukraina di Amerika Serikat, Mayor Jenderal Borys Kremenetsky.

banner 336x280

“Kami menangkap sekitar 200 tentara Rusia, beberapa di antara mereka berusia 19 tahun, tak terlatih sama sekali, dilengkapi persenjataan yang buruk,” kata Kremenetsky.

Ia juga mengatakan para tentara Rusia diizinkan menghubungi orang tua mereka. Selain itu, militer Ukraina memberi makan dan minum ke pasukan Moskow yang ditangkap.

Kremenetsky mengaku pihaknya terus bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Amerika Serikat. Di samping itu, ia juga terus menyerukan bantuan yang lebih banyak ke militer Ukraina.

“Ada daftar persyaratan penting, dan kami masih membutuhkan lebih banyak bantuan. Saya bisa jamin, apa yang kami terima sudah digunakan dengan benar,” kata dia.

Ukraina kini tengah dikepung pasukan Rusia usai Presiden Vladimir Putin menyatakan operasi militer ke Donbas, wilayah timur Ukraina, yang dikuasai kelompok separatis.

Konflik kemudian meluas. Pasukan Moskow terus bergerak dan mulai memasuki Ibu kota, Kiev dan kini Kharkiv. Pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina pun tak bisa dihindari.

Hingga kini, menurut data sementara pemerintah Ukraina, per Sabtu (26/2), tercatat ada 198 warga sipil yang meninggal, termasuk tiga anak-anak, seribu anggota militer tewas, dan sebanyak 120 ribu orang mengungsi.

(CA/AA)

  • Share